Teknik Foto Makanan Nilai Jual Yang Unik Bagi Restoran

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, seiring dengan banyaknya permintaan, usaha makanan kini semakin berkembang. Selain menyajikan foto pada menu restoran, foto makanan sangat menentukan nilai jual restoran tersebut. Untuk itu perlu diperhatikan teknik foto makanan agar hasilnya maksimal dan menjadi nilai jual yang unik bagi restoran.

Komponen pendukung objek makanan yang akan dipotret juga perlu diperhatikan. Apakah akan sesuai dengan teknik foto atau tidak sesuai dengan teknik foto makanan yang akan digunakan. Agar lebih menghemat waktu dan tenaga, banyak juga pebisnis kuliner yang kemudian menyewa jasa fotografi makanan profesional. Namun tidak ada salahya untuk mengetahui dasar-dasar teknik foto makanan sebagai bekal melancarkan promosi bisnis kuliner Anda.

Baca Juga: Jasa Fotografi Makanan Makassar

Teknik foto makanan sebagai nilai jual yang unik bagi restoran

Perhatikan Keseimbangan Cahaya

Teknik Foto Makanan Nilai Jual Yang Unik Bagi Restoran

Photo by Elli O on Unsplash

Sebelum memotret makanan alangkah baiknya memperhatikan keseimbangan cahaya terlebih dahulu. Setelah cahaya dirasa cukup barulah makanan disusun sesuai dengan konsep. Keseimbangan cahaya dalam foto makanan sangat memengaruhi hasil, karena detail makanan akan terlihat jelas jika cahaya yang digunakan tepat.

Namun, Anda dapat berkreasi dengan Teknik foto makanan yang menghasilkan sesuatu yang menarik, apalagi jika bermain dengan cahaya akan menimbulkan efek yang berbeda dari foto makanan pada umumnya.

Pengaturan White Balance

Teknik Foto Makanan Nilai Jual Yang Unik Bagi Restoran

Photo by Pablo Merchan Montes on Unsplash

Dalam teknik foto makanan pengaturan white balance sangat penting, karena mempengaruhi perubahan warna makanan pada saat difoto. Pengaturan white balance dengan keseimbangan cahaya saling mempengaruhi satu sama lain.

Bidik Objek Dari Atas Langsung Untuk Menegaskan Warna dan Bentuk Makanan

Teknik Foto Makanan Nilai Jual Yang Unik Bagi Restoran

Photo by Sheri Sillver on Unsplash

Teknik foto makanan ini untuk menegaskan warna dan bentuk dengan memotret objek dari atas langsung. Misalnya, akan memotret cake untuk membuat objek terlihat berwarna dan menampilkan sisi cantik cake tersebut, dibutuhkan dekorasi yang pas agar objek tidak terlihat terlalu kecil atau terlalu besar. Solusinya adalah dengan menempatkan beberapa cake atau sekitar 4 cupcake di piring lalu susun secantik mungkin. Setelah itu bidik dari atas langsung hasilnya warna-warni dari cake yang cantik akan terlihat lebih bagus.

Gunakan Angle (Sudut Pengambilan Gambar) Yang Berbeda

Teknik Foto Makanan Nilai Jual Yang Unik Bagi Restoran

Photo by Brooke Lark on Unsplash

Teknik Foto makanan yang menarik tercipta dari berbagai sudut pengambilan gambar yang berbeda. Tujuannya adalah agar foto yang dihasilkan tidak monoton hanya satu sudut pengambilan gambar, sehingga tidak ada kreatifitas baru yang dihasilkan.

Maka dari itu manfaatkan setiap angle di setiap area pemotretan yang ada untuk menciptakan kualitas foto yang menarik.

Foto Sambil Beraksi (Action)

Teknik Foto Makanan Nilai Jual Yang Unik Bagi Restoran

Photo by Monstruo Estudio on Unsplash

Dalam Teknik Foto makanan agar hasil foto tidak monoton yaitu dengan menambahkan sebuah aksi seperti yang dilakukan penyaji makanan yang ada di iklan produk, sehingga memberikan kesan foto lebih hidup. Misalnya, saat akan memberi garnish pada makanan utama. Hal tersebut dapat menambah impact yang luar biasa ke foto Anda.

Dari teknik foto makanan di atas dapat diketahui bahwa membuat foto lebih hidup perlu menambah kreatifitas agar terciptanya hasil foto yang unik. Sehingga hasil foto tersebut dapat digunakan sebagai nilai jual yang unik bagi restoran.

Baca Juga: Jasa Fotografi Makanan Jogja

Jika Anda membutuhkan jasa foto makanan profesional Soocaphoto memberikan layanan terbaik dan hasil foto yang berkualitas. Untuk informasi lebih lengkap terkait harga dan pelayanan yang diberikan Anda bisa mengunjungi website kami.

Leave a Reply