Mengenal 5 Prinsip Dasar Fotografi Komersial Untuk Bisnis Anda

Prinsip dasar fotografi – Pada dasarnya, fotografi memiliki peran dan dampak yang cukup besar bagi sebuah kemajuan bisnis Anda. Baik itu untuk meningkatkan citra perusahaan di halaman situs website, atau meningkatkan kualitas materi pemasaran cetak dari apa yang ingin Anda jual.

Sayangnya sebagian besar pengusaha mungkin belum mengetahui prinsip dasar fotografi, oleh karena itu, mereka membutuhkan bantuan dari jasa fotografer profesional seperti Sooca Photo, berpengalaman dan berdedikasi untuk dapat memahami konten apa yang ingin bisnis Anda tonjolkan pada saat melakukan penawaran.

Baca juga: Langkah Sederhana Lakukan Fotografi Produk Untuk Kemasan

Prinsip Dasar Fotografi Untuk Kebutuhan Bisnis Masa Kini

Untuk menghasilkan sebuah foto yang berkualitas, tentu dibutuhkan keahlian dan pengetahuan yang memadai seputar teknik dan prinsip dasar fotografi. Misalnya bagaimana membuat menu makanan dan minuman nampak lebih menggiurkan dan menarik minat konsumen untuk berkunjung dan menikmatinya. Atau bagaimana menunjukkan bahwa sebuah kamar hotel nampak luas dan nyaman sehingga konsumen tertarik untuk memesannya. Untuk membuat hasil gambar yang lebih menarik, berikut kami berikan informasi seputar prinsip-prinsip dasar fotografi untuk menunjang kemajuan bisnis Anda:

1. Keseimbangan

Prinsip dasar fotografi keseimbangan

Keseimbangan dapat menyatukan beberapa objek menjadi sebuah kesatuan gambar yang berkualitas dan sedap dipandang.  Gambar dengan tingkat keseimbangan yang diukur secara teliti akan memiliki tingkat stabilitas yang baik sehingga tidak menimbulkan unsur keresahan pada gambar yang dihasilkan. Jika ingin menekankan keseimbangan dalam suatu gambar, cobalah menggerakkan kamera untuk mencapai perspektif yang berbeda. Dan juga jangan takut untuk sedikit bereksperimen dengan kreatifitas Anda.

2. Kontras

Prinsip dasar fotografi kontras

Kontras adalah prinsip dasar yang harus dibuat ketika terdapat dua elemen berlawanan yang hadir dalam satu gambar. Katakanlah terang dan gelap, atau suasana hangat dan dingin. Prinsip fotografi kontras ini juga mencakup unsur-unsur fisik misalnya seperti tekstur. Keberadaan subjek yang kontras akan mampu menghadirkan narasi dalam sebuah foto. Dalam hal lain, Anda juga dapat mencoba menyandingkan unsur lain seperti ketajaman dan kelembutan atau garis lengkung dan lurus.

3. Pola Sebagai Prinsip Fotografi

Prinsip fotografi pola

Secara sederhana, pola merupakan pengulangan unsur-unsur seni dan desain pada sebuah gambar. Hal ini bekerja bersamaan dalam sebuah frame membentuk hasil akhir yang memukau. Pada dasarnya mata manusia sudah di kalibrasi untuk mencari pola. Tentu saja hal ini dapat membangkitkan reaksi emosional. Pola adalah prinsip dasar fotografi yang berlandaskan seni serta desain. Memasukkan pola ke dalam fotografi komersial sama halnya dengan mengeksplorasi hal-hal baru. Cobalah mencari inspirasi pola di sekitar Anda untuk memperluas sudut pandang.

4. Harmoni

Prinsip fotografi harmoni

Harmoni tercipta ketika ada beberapa elemen dalam sebuah gambar yang memiliki kemiripan dan saling berkaitan. Harmoni akan mampu membentuk elemen-elemen tersebut seperti berada pada satu entitas yang indah. Prinsip dasar fotografi komersial harmoni pasti selalu diterapkan oleh para penyedia jasa fotografer profesional agar mampu menghasilkan karya yang dapat menarik perhatian konsumen ketika melihatnya.

5. Kesatuan

Prinsip fotografi kesatuan

Kesatuan menggambarkan hubungan visual yang erat antara elemen-elemen yang terdapat pada satu frame gambar. Contohnya adalah dengan menggunakan warna yang senada dalam sebuah konsep fotografi komersial dengan tujuan menumbuhkan rasa persatuan di dalamnya. Pemotongan gambar yang buruk, perspektif yang canggung atau berlebihan, dan kurangnya eksposure dapat mengganggu gambar dan menimbulkan kesan berantakan.

Mengenal Ragam Jenis Fotografi Komersial Untuk Dunia Bisnis

Meskipun sudah mengetahui beberapa prinsip dasar fotografi, ada banyak perusahaan yang masih membutuhkan jasa fotografi komersial untuk memenuhi kebutuhan promosi bisnisnya. Keberadaan era digital masa kini turut menyebabkan peningkatan arus persaingan bisnis yang cukup ketat. Ditambah keberadaan media sosial yang berbasis gambar, membuat para pengusaha harus menyediakan materi-materi fotografi yang berkualitas tinggi. Berikut adalah beberapa jenis fotografi yang perlu diketahui sebelum menentukan jasa fotografi profesional yang dibutuhkan untuk bisnis Anda:

Fotografi Portrait

Jasa fotografi company profile

Ketika hendak membuat company profile atau mempercantik tampilan website, mungkin Anda membutuhkan jenis fotografi portrait. Mengambil gambar potret diri bersama tim adalah hal yang menyenangkan sekaligus dapat menunjukkan sisi solid dari sebuah organisasi atau bisnis Anda di mata para klien atau publik.

Fotografi Produk

jasa foto produk

Jasa fotografi komersial berupa produk dapat mencakup banyak bidang. Misalnya saja produk fashion, produk furniture, produk peralatan memasak atau apapun yang sesuai dengan bidang bisnis yang digeluti. Jenis fotografi produk ini juga dapat meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Fotografi Makanan

Jenis fotografi (jasa fotografi makanan)

Memiliki bisnis kuliner seperti restoran atau café? Jangan ragu untuk menyewa jasa fotografi makanan yang telah berpengalaman. Selain untuk memenuhi kebutuhan buku menu, fotografi makanan ini juga dapat dijadikan sebagai alat promosi yang efektif pada website maupun beragam media sosial seperti instagram dan facebook.

Fotografi Event

Jasa foto dokumentasi event

Seringkali perusahaan mengadakan kegiatan-kegiatan khusus diluar aktifitas normal kantor. Entah bertujuan sebagai CSR atau hanya sekedar meningkatkan solidaritas antar karyawan, maka jenis fotografi yang dibutuhkan adalah fotografi event. Proses dokumentasi kegiatan tersebut juga bisa disertakan pada laporan tahunan, laporan berkelanjutan atau justru diunggah pada halaman website resmi perusahaan.

Fotorgafi Arsitektur

jasa foto arsitektur

Bagi Anda yang memiliki usaha pada bidang properti, mungkin akan sangat membutuhkan jasa foto profesional pada jenis fotografi arsitektur. Seperti hotel, apartemen, atau bisnis pembangunan tentu membutuhkan portofolio berupa hasil foto arsitektur yang memukau bukan? Semakin banyak calon konsumen dapat melihat apa yang bisnis Anda tawarkan, maka akan semakin besar pula kemungkinan mereka tertarik untuk membelinya.

Sooca Photo – Jasa Fotografi Komersial Dengan Jam Terbang Tinggi

Pengalaman dan keahlian adalah modal utama bagi Sooca Photo untuk menjadi agensi penyedia jasa fotografi profesional andalan bisnis Anda. Tidak hanya menguasai perihal prinsip dasar fotografi, tim Sooca Design juga telah memiliki jam terbang yang tinggi baik untuk jasa fotografi makanan, jasa fotografi produk, jasa fotografi portrait, jasa fotografi arsitektur maupun jasa fotografi event. Apapun kebutuhan fotografi komersial dari bisnis Anda, kami siap untuk menjadi solusinya! Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply