5 Tips Fotografi Interior Design Agar Foto Anda Semakin Mahal

Tips fotografi interior design bukan hanya tentang menangkap objek gambar, namun juga bagaimana cara Anda bisa membuatnya jadi lebih indah. Tidak dipungkiri, fotografi interior design merupakan salah satu kategori fotografi yang kini mulai populer di Indonesia . Jadi objek yang menjadi target foto mereka adalah interior bangunan seperti rumah, kantor dan objek lainnya.

Teknik yang harus Anda gunakan untuk fotografi interior design ataupun fotografi arsitektur akan sedikit berbeda dengan fotografi pada umumnya. Namun tentu Anda tetap harus memahami aturan dasar dan teknik fotografi umumnya.

Tips Fotografi Interior Design

Jika Anda sudah mengetahui dasar dari fotografi namun hasil dari kualitas foto interior design And masih kurang memuaskan, maka sebaiknya Anda simak 5 tips fotografi interior agar hasil foto Anda lebih menarik di bawah ini.

1. Ambil Komposisi Foto Interior yang Pas

fotografi interior design
Image Source: pexels.com

Dołącz do naszego https://hotslots-online.pl/ i odkryj świat ekscytujących możliwości.

Sebelum Anda memotret, lakukan survei secara menyeluruh terhadap ruangan tersebut terlebih dahulu. Tentukan bagian mana yang akan Anda potret, dan temukan kira-kira angle dan sudut mana yang paling pas dalam pengambilan foto.

Lakukan latihan pengambilan sudut yang sesuai sampai Anda terbiasa melakukannya. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses pengambilan fotografi interior design selanjutnya. Survei ruangan juga bisa memudahkan Anda untuk mengetahui sudut terbaik dari sebuah ruangan untuk diambil fotonya.

Komposisi yang Anda buat juga perlu memperhatikan keseimbangan dari tinggi, lebar, dan besar dari masing-masing objek maupun furniture yang ingin Anda perlihatkan di dalam gambar. Salah satu cara untuk mencapai komposisi ini adalah dengan menempatkan kamera setinggi dada.

2. Atur Tata Letak Furniture

Jika selama survei Anda sudah bisa menemukan sudut yang tepat, maka Anda bisa menambah nilai estetika dengan menerapkan tata letak dari furniture. Saat Anda menemui tata letak furniture yang kurang sempurna, lebih baik Anda merapikannya terlebih dahulu.

Efek penglihatan dari mata jika dibandingkan dengan hasil pemotretan kamera terkadang bisa sangat berbeda, jadi Anda perlu mengatur tata letak sedemikian rupa agar membuat foto terlihat lebih realistis. Penataan furnitur yang tidak tepat dapat menyebabkan foto interior menjadi tidak proporsional.

3. Menggunakan Tripod

jasa foto interior
Image Source: pexels.com

Meskipun tampaknya mudah untuk bisa memotret interior design, terkadang Anda akan menemui angle yang cukup sulit dan tidak bisa Anda potret secara sempurna. Anda juga akan memakan banyak waktu dalam melakukan fotografi interior design. Untuk itu akan sangat lebih baik jika Anda menggunakan tripod.

Tripod akan membantu menjaga kamera Anda tetap stabil di posisi yang ditentukan. Bahkan jika Anda menginginkan jangkauan kamera yang sulit diraih oleh tangan, hal itu tidak akan menjadi masalah dengan tripod. Selain itu gambar yang Anda dapatkan akan tetap stabil.

Tripod akan menjadi sebuah investasi yang baik dalam peralatan kamera Anda. Anda juga bisa memilih menggunakan tripod paling ringan dan kokoh seperti tripod carbon yang bisa membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah.

4. Memanfaatkan Cahaya Alami

tips fotografi interior design
Image Source: pexels.com

Cahaya alami juga akan memberikan efek yang lebih baik pada foto Anda. Cahaya matahari alami di Indonesia sebagai negara tropis juga dapat dengan mudah kita dapatkan. Cahaya tersebut cukup untuk kita jadikan sebagai penerangan alami. Anda dapat mengambil gambar pada siang hari untuk mendapatkan cahaya yang maksimal.

Jika Anda menginginkan cahaya yang lebih lembut, potretlah pada hari berawan atau gunakan diffuser maupun reflektor pencahayaan. Tetapi jika bangunan yang Anda foto memang tidak memiliki cukup ruang untuk membiarkan sinar matahari masuk, maka Anda bisa menggunakan lampu ruangan yang ditambah dengan lampu dari gear kamera Anda.

Pencahayaan yang cukup akan memberikan ketajaman dan kualitas foto yang jauh berbeda dengan sumber foto yang gelap. Untuk itu selalu persiapkan sumber cahaya yang cukup sebelum memulai fotografi interior design..

5. Edit Foto Sesuai Konsep

Setelah proses foto selesai, maka Anda bisa menambahkan efek tertentu pada proses post production. Tidak hanya potret diri yang perlu diedit, foto dalam ruangan juga perlu Anda edit agar bisa memperkuat kesan yang ingin Anda sampaikan dari foto tersebut.

Biasanya setiap bangunan memiliki tema tertentu, setiap ruangan juga bisa memiliki tema yang sama, jadi foto yang Anda ambil sebaiknya juga harus bisa menyampaikan rasa dari tema tersebut.

Jasa Foto Interior Design

Fotografi interior design yang dilakukan di dalam ruangan tidak begitu sulit lagi jika Anda sudah menerapkan lima trik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Semakin baik foto interior yang Anda ambil, semakin banyak orang yang akan terinspirasi untuk membuat interior serupa dan tertarik untuk memilikinya.

Ingatlah untuk selalu berlatih lebih sering agar dapat meningkatkan penguasaan teknik fotografi Anda untuk hasil yang lebih baik lagi. Untuk Anda yang memang ingin mendapatkan hasil terbaik dengan waktu yang singkat, Anda bisa menggunakan jasa foto interior dari SOOCAPHOTO.

Kami siap menyediakan jasa foto interior yang profesional yang bisa sekaligus memberikan pengarahan mengenai tata letak dan semua aspek penting dalam fotografi interior design.

Klik di bawah sini untuk melihat beberapa hasil foto kami:

PORTFOLIO

Shopping Basket
id_IDIndonesian